Uncategorized

Beberapa Makanan Sehat Anti Kolesterol

July 1, 2020

Banyak cara mengatasi kolesterol, akan tetapi banyak juga orang yang masih gagal untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh yang bersati dengan lemak jenuh. Menurunkan kolesterol dengan cara yang belum tepat menjadi salah satu faktor naiknya kadar kolesterol dalam tubuh kita. Beberapa tips sehat sudah didapatkan, tetapi yang lebih penting adalah niat kita semua untuk merubah pola makan kita dengan pola makan yang sehat dan tidak mengandung zat-zat yang memicu kadadr kolesterol tinggi.

Selain itu beberapa kali mengkonsumsi obat diet tetapi tetap saja masih muncul efek-efek dari tingginya kolesterol dalam tubuh. Untuk itu, jagalah untuk konsisten dalam memilih makanan yang sehat sehingga resiko kolesterol yang menumpuk pada tubuh Anda bisa berkurang dengan maksimal. Berikut ini kami akan menyajikan beberapa makanan yang perlu Anda konsumsi dengan benar sehingga secara konsisten kadar kolesterol dalam tubuh Anda bisa berkurang, dan terbebas dari resiko penyakit baru (komplikasi).

Beberapa makanan ini memang sudah teruji oleh para praktisi kesehatan sehingga bagus dikonsumsi oleh kita, apalagi bagi Anda yang menderita tinggi kolesterol.

  1. Minyak Zaitun (Zaitun Oil)

Pernahkah Anda mendengar kata minyak zaitun atau sudah pernah menggunakan minyak tersebut. Minyak zaitun merupakan minyak yang mempunyai bermacam-macam kandungan yang positif sehingga sangat multifungsi sekali. Ada beberapa manfaat yang terkandung dalam minyak zaitun ini, yaitu untuk menghaluskan kulit, untuk menangkal radikal bebas, kemudian untuk mengurangi rasa nyeri dalam tubuh, kemudian digunakan untuk campuran bahan makanan sehingga rasanya enak dan tidak eneg waktu dikonsumsi. Dari beberapa manfaat yang telah disebutkan tadi ternyata minyak zaitun bisa menurunkan kadar lippoprotein (LDL) yang merupakan kolesterol jahat  yang membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita sehingga akan muncul bibit-bibit penyakit yang menyebabkan seseorang komplikasi.

Kemudian minyak zaitun akan meningkatkan High Density Lippoprotein (HDL) yang fungsinya adalah membuang kolesterol jahat keluar tubuh dan tetap menjaga kesetabilan daya tahan tubuh. Jadi Minyak zaitun ini bisa Anda manfaatkan untuk campuran bahan makanan yang sifatnya menetralkan kandungan dari bahan makanan lainnya yang menjadi satu dengan minyak zaitun tersebut. Saat Anda sedang mengkonsumsi sayuran, sebaiknya minyak zaitun bisa dicampur saat Anda sedang memasak makanan tersebut. Contoh yang saat sederhana, Anda bisa mencampurnya dengan sayuran sawi atau bayam, ketika Anda memasak sayuran tersebut. Sehingga dengan kandungan bayam dan sawi yang banyak manfaat, bisa ditambah fungsinya lagi oleh minyak zaitun sehingga adanya kolesterol jahat bisa dihilangkan dengan secara maksimal dan alami.

  1. Margarin dengan Komposisi Herbal

Saat ini sudah banyak sekali orang yang beralih menggunakan margarin, karena proses pemakaiannya hanya sekali pakai dan tidak menyisakan, sehingga aman digunakan oleh kesehatan. Berbeda sekali dengan minyak goreng. Minyak goreng yang seharusnya sudah ada aturan penggorengannya, tetapi kadanga orang-orang masih banyak yang melakukan penggorengan dengan minyak goreng melebihi batas dari kemampuan minyak tersebut, sehingga menyisakan minyak jenuh yang mengandung toksin yang sangat berbahaya bagi tubuh dan jika di konsumsi akan menimbulkan naiknya kadar kolesterol di dalam tubuh kita.

Berbeda dengan minyak goreng, margarin digunakan hanya sekali pakai saat satu kali masak, dengan tidak meninggalkan sisa apapun untuk digunakan, sehingga tidak ada toksin yang dibawa dan aman bagi tubuh kita. Jika minyak goreng saat melebihi batas waktu penggorengan akan memacu timbulnya LDL (kolesterol jahat) maka dengan adanya magarin ini, kolesterol baik akan ditingkatkan kadarnya di dalam tubuh sehingga meminimalkan kandungan kolesterol jahat serta membuangnya keluar dalam bentuk urin atau feses.

  1. Kedelai

Jika Anda sudah familiar dengan kacang kedelai, maka ketahui manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Selain mengandung protein nabati yang sangat berfungsi sebagai pengganti sel-sel tubuh yang rusak, ternyata kedelai bisa meningkatkan kadar HDL yang dapat menghancurkan kandungan kolesterol jahat dalam tubuh yang membawa banyak bibit penyakit. Sehingga, jangan ragu untuk mengkonsumsi kedelai secara rutin sebagai makanan penurun kolesterol, dan secara tidak langsung bisa menjadi obat tradisional untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Banyak sekali olahan-olahan makanan yang bahan dasarnya berasal dari kedelai. Contoh makanan yang berbahan dasar dari kedelai adalah tempe, tahu, kecap, susu kedelai, dan masih banyak lagi olahan makanan yang berbahan dasar kedelai dengan kaya manfaat.

      4.Yoghurt Rendah Lemak

Minuman fermentasi ini mengandung protein yang baik bagi tubuh kita. Selain itu bisa menurunkan kadar LD yang membahayakan bag kesehatan tubuh kita. Jadi kita Anda mengkonsumsi yoghurt,  tentu saja kolesterol dalam tubuh And bisa turun, dan selain itu, kesehatan usus Anda bisa ikut terjaga juga. Beberapa minuman yoghurt untuk saat ini sangat mudah kita temukan di toko-toko, ataupu supermarket. Sehingga bagi Anda yang peduli dengan kesehatan, bisa mencoba untuk mulai mengkonsumsi yoghurt ini.

  1. Buah dan Sayuran Hijau

Sudah tidak diragukan lagi untuk makanan yang satu ini. Sayuran hijau dan buah-buahan merupakan makanan yang tidak mengandung efek samping bagi tubuh kita. Selain itu ada sayuran hijau dan buah yang mengandung antioksidan yang fungsinya adalah untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Oleh karena itu kami sarankan agar anda rutin mengkonsumsi buah dan sayuran hijau yang mengandung banyak antioksidan.

  1. Gandum (Jenis Padi-padian)

Jika Anda sering mengkonsumsi roti, berarti sama saja Anda mengkonsumsi gandum, karena bahan pokok sebuah roti adalah gandum. Gandum ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi kemudian kadar glukosa yang sangat rendah sehingga aman bagi kesehatan tubuh kita. Kemudian gandum juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan HDL (kolesterol baik) sehingga dengan meningkatnya HDL maka kolesterol yang jahat bisa dikurangi.

  1. Ikan yang Mengandung Omega 3

Jika menginginkan kadar kolesterol tubuh cepat turun dan normal kembali, maka cobalah untuk mengkonsumsi makanan berbahan ikan yang memiliki kandungan Omega 3 seperti ikan Tuna, Sarden, dan Salmon. Ketiga Ikan tersebut mempunyai kandungan yang berfungsi untuk meningkatkan kadar HDL dalam tubuh.

Itulah beberapa makanan yang sangat cocok bagi kesehatan Anda dan berfungsi untuk mencegah dari naiknya kadar kolesterol jahat dan Anda bisa hidup sehat tanpa ada gangguan sakit lagi. Namun sekali lagi, tetap harus Anda jaga pola makan yang Anda pilih sehingga resiko terjangkitnya penyakit bisa diminimalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *